Thursday, January 04, 2007

Buletin K'- Ramadhan

Tak terasa bulan Ramadhan memasuki detik-detik terakhir. Walau Ramadhan tahun ini cuacanya panas menyengat, tapi K’ yakin temen-temen nggak ada yang mokel (batalin puasa tanpa sebab) kan?! Hari-hari Ramadhan yang sudah kita jalani jangan sampai berlalu githu aja tanpa bekas sedikitpun. Kata pak Ustad yang biasa K’ undang bilang bahwa Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan obral pahala. So, belum terlambat bagi sobat K’ semua kalo pengen berlomba-lomba mendulang segunung pahala. Biar kita semua bareng-bareng meraih kemenangan.
Yap, setelah sebulan kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan, idul fitri kan menjelang. Waah, kalo udah ngomongin hari raya jadi inget sama temen K’ yang mo deadline mudik. Emang aktivitas mudik nggak bisa dipisahin ma hari raya, seolah-olah sudah jadi kewajiban bagi orang-orang perantauan. Sampai-sampai ada liputan khusus mudik segala. Eits bukan berarti K’menghalangi temen-temen pulang kampung loh, cuman yang musti temen-temen garis bawahi, mudik emang asyik coz kita bisa kangen-kangenan ma sodara & kerabat. Artinya mudik itu saat yang tepat untuk kita mempererat tali silaturahmi. Apalagi bagi sobat K’ yang ga pernah pulang, mudik adalah saat yang di tunggu-tunggu. Tapi konyolnya kadang mudik dijadikan sebagai ajang ‘sok-sokan’ misal: Sok udah kul di Unair sikap& tingkahnya jadi ga’ ramah lagi ma tetangga. Ada lagi kebiasaan lebaran yang bikin K’ meringis, itu loh aksesoris dari rambut sampe’ kaki pada baru semua jadi inget saat K’ SD dulu, kalo ga dibeliin ma nyokap bisa-bisa ga ikutan sholat ied, he…he… tapi K’ yakin temen-temen ga kayak K’ kecil kan?! Kalau ada yang sikapnya kayak githu pasti diketawain adik K’. Apa sich yang di cari ketika hari raya tiba? Baju baru, angpao, atau sesuatu yang bikin 11 bulan kita jadi bermakna.
Ketika seorang muslim menunaikan ibadah puasa Ramadhan secara benar maka dia akan terlahir kembali seperti seorang bayi yang tak berdosa. Karena Allah telah mengmpuni dosa-dosanya. Idul Fitri adalah kembali pada fitrah, coba lihat QS Ar Rum[30]: 30 yang artinya:” Hadapkanlah wajahmu dengan lurus pada agama (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” Makna hakiki Idul Fitri seperti yang ada pada ayat diatas yaitu kembali pada fitrah yang menurut Ibn Atsir, fitrah adalah karakteristik penciptaan manusia dan potensi kemanusiaan yang siap untuk menerima agama. Berarti sobat K’ harus siap ketika menerima kebenaran coz Islam adalah agama yang benar , maka kembali pada fitrah adalah kembali pada hekekat penciptaan manusia yaitu taat pada aturan Allah. Karena secara fitrah pula manusia menyadari akan serba keterbatasan dan kelemahan dirinya sebagai makhluk. Kesadaran ini yang menuntunnya untuk senantiasa menjalankan perintah Allah dan menjauhi apa yang dilarang-Nya.
Tidak berlebihan jika manusia ada di dunia ini untuk beribadah kepada-Nya. Sebagaimana firman Allah: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku” (Adz Dzariyat [51]: 56). Saat ini K’ merasa miris coz yang K’ pahami semua lini kehidupan begitupun juga pendidikan harus diatur dengan Ilmu Allah tapi faktanya tidak demikian. Pendidikan saat ini diatur oleh segelintir orang saja (baca: BHMN) tanpa kita ditanya setuju atau tidak. Inikah produk sekualrisme-pemisahan agama dari kehidupan- yang sudah diterapkan di negeri ini?
Sekularisme yang hanya dibikin segelintir orang jelas menyalahi fitrah, karena manusia sudah memposisikan dirinya sebagai Tuhan yang punya hak membikin aturan. Idul Fitri adalah terbebasnya manusia dari penghambaan kepada sesama makhluk menuju penghambaan pada Allah Pencipta dan Pengatur kita. Di hari Idul fitri nanti nggak tau K’ harus senang ato sedih coz K’ merasa kondisi kita saat ini belum kembali kepada fitrah yang sebenarnya yaitu berIslam kaffah. Tapi K’ yakin Idul Fitri yang akan datang kondisi ini akan berubah dan K’ mengajak temen-temen semua yang ngaku agent of change untuk berubah menjadi manusia baru yang menjalankan aturanNya.

*Maaf yaa...mungkin buletin K' ini kurang up to date, coz sekrang udah gak Ramadhan lagi. But, isi dari buletin K' gak pernah basi. Jadi...kapanpun dan dimanapun en siapaun yang ngebaca, bisa untuk dilakukan. apalagi kamu-kamu yang menginginkan adanya perubahan. So..let's do it!! Bergerak...bergerak...dan bergerak...!!!

0 Komentar:

<< Home

 
 

Cursors